Tuesday, May 2, 2017

Memaksimalkan Fungsi Lab Bahasa Dalam Proses Belajar Mengajar

Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, biasanya guru akan memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang ada di sekolah untuk memaksimalkan proses penyerapan materi oleh peserta didik. Dan salah satu fasilitas yang paling sering digunakan adalah laboratorium bahasa atau lab bahasa.

Pengertian Lab Bahasa

Laboratorium Bahasa atau lab bahasa memiliki dua suku kata yaitu laboratorium dan bahasa, jika dua kata ini di carikan arti secara harfiah melalui KBBI, maka di peroleh pengertian sebagai berikut :

la.bo.ra.to.ri.um

tempat atau kamar dan sebagainya tertentu yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan percobaan (penyelidikan dan sebagainya)

ba.ha.sa

sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
Dari dua istilah diatas, saya mencoba membuat sebuah kesimpulan bahwa lab bahasa adalah sebuah tempat atau kamar yang dilengkapi peralatan untuk mempelajari sistem lambang bunyi yang digunakan oleh suatu masyarakat, dalam hal ini Indonesia.

Penggunaan Lab Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama

Laboratorium Bahasa Mulai masuk ke sekolah menengah pertama atau SMP sebagai pengembangan mutu pendidikan yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan untuk mendukung kurikulum berbasis karakter.

Penggunaan lab bahasa kini mulai marak untuk menyampaikan materi dengan bantuan media untuk membantu para siswa memahami pelajaran bahasa Indonesia. Beberapa bagian pelajaran seperti bentuk kalimat dapat disampaikan secara kondusif menggunakan bantuan head set yang terdapat di ruang ini.

Perlengkapan Standar Di Lab Bahasa

Sebagai mana disebutkan, bahwa didalam lab bahasa terdapat berbagai macam perlengkapan yang bisa membantu terlaksana nya proses pembelajaran di lab bahasa, maka untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar, beberapa perlengkapan ini sebaiknya tersedia.

  1. LCD TV
    Di dalam perangkat Laboratorium Bahasa  LCD TV ini berfungsi untuk menampilkan data gambar, Video ataupun film yang ingin ditampilkan oleh guru. LCD TV ini bisa digunakan sebagai penganti Proyektor.
  2. Tape Master
    Tape Master ini berfungsi sebagai pemutar kaset pita. Di dalam perangkat Laboratorium Bahasa ini tape master ini dapat membantu proses pembelajaran antara lain listening(mendengarkan).
  3. Proyektor
    Proyektor ini berfungsi untuk memproyeksikan Gambar atau Video. Di dalam perangkat Laboratorium Bahasa ini Proyektor ini biasanya digunakan untuk menampilkan gambar, video ataupun informasi lainnya yg ingin di tampilkan oleh guru kepada para siswa dan perangkat ini terhubung dengan komputer. Poyektor ini bisa digunakan sebagai penganti LCD TV.
  4. Flexi Camera
    Flexi Camera ini berfungsi sebagai penganti OHP dan terhubung dengan komputer, di dalam perangkat Laboratorium Bahasa ini Flexi Camera ini digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan juga bisa digunakan sebagai Web Cam.
  5. DVD
    DVD Player ini digunakan untuk memutar DVD atau VCD. Di dalam perangkat Laboratorium Bahasa ini DVD Player ini digunakan untuk memutar DVD atau VCD  yang berisi materi-materi yang akan di ajarkan ke siswa dan ditampilkan di LCD TV ataupun Proyektor.
  6. Student Tape
    Student Tape  berfungsi sebagai  alat perekam suara dengan mengunakan kaset pita. Di dalam perangkat Laboratorium Bahasa ini Student Tape ini digunakan untuk merekam suara dari siswa, sehingga bisa diketahui pengucapan kata oleh siswa sudah benar apa belum.

No comments:

Post a Comment

My Google+ Circle

Have To See & Subscribe