Saturday, November 12, 2016

Water Hammer, apa itu?

Water hammer, fenomena hydraulic yang sebaiknya dihindari.

Sesuai dengan judul yang saya tuliskan diatas, saya ingin mengajak rekan-rekan semua membahas tentang fenomena hydraulic water hammer. Biasanya fenomena ini muncul akibat adanya kantung udara didalam cairan, bergerak secara bebas didalam sebuah ruangan yang memiliki tekanan tinggi.



Udara yang terjebak ini bisa diakibatkan oleh kondensasi akibat adanya perubahan temperatur. Tekanan yang mengalir didalam pipa akan menekan air pocket atau kantung udara, memberikan energi potensial terhadap udara tersebut untuk menumbuk area gerak fluida.


Gambar 1. Proses terjadinya water hammer dalam steam pipe [2].

Jika hal ini dibiarkan terus, water hammer dapat menyebabkan beberapa masalah baik terhadap alat proses hingga kepada orang yang berada disekitarnya, seperti pecahnya saluran fluida, loss pressure dan lainnya,


Gambar 2. Joukowsky Pressure Shock Phenomena

Bagaimana mengindikasi adanya water hammer

Untuk mengidentifikasi adanya water hammer, dapat dilakukan dengan memeriksa valve dan pressure gauge pada rangkaian hydraulic system. Jika valve dibuka secara tiba-tiba dengan water pocket terdapat didalamnya, maka sepanjang saluran akan terdapat sebuah getaran tiba-tiba dan pressure gauge akan menunjukan beda tekanan.

Cara menghilangkan water hammer dari system.

Untuk menghilangkan water hammer dari system, kita harus mengindikasikan systemnya terlebih dahulu. Mulai dengan memeriksa kondisi lingkungan tempat sistem tersebut terpasang, apakah ada kemungkinan terjadi pemuaian atau kondensasi akibat perubahan suhu.


Kemudian menambahkan sebuah alat yang disebut sebagai Water Hammer Arrestor atau water hammer chamber. Alat ini nantinya akan menangkap kantung udara yang terjebak dalam system.

Jika water hammer terjadi didalam sistem steam, maka bisa di hilangkan dengan meletakan beberapa steam trap yang nantinya akan mengeluarkan cairan dari sisa steam yang terjerembab.

Sumber :
[1] Diktat Proses Teknik Kimia II, Januari 2015 - Jurusan Teknik Kimia, Universitas Gadjah Mada
[2] Water Hammer and Other Hydraulic Phenomena. Diakses 12 november 2016 pukul 14.40 WIB
[3] Khasanah Pribadi

No comments:

Post a Comment

My Google+ Circle

Have To See & Subscribe