Tuesday, April 4, 2017

Selesaikanlah Skripsimu Hei Mahasiswa!

Tujuannya adalah membuatmu bernilai nyata

Beberapa waktu ini saya mendapati beberapa mahasiswa yang saat diajak bertemu untuk membahas sudah sejauh mana perkembangan skripsi mereka, selalu berakhir dengan lembaran-lembaran yang masih berantakan dan hanya itu itu saja. Walau ditempat lain saya sering mendapati begitu banyak update status di sosial media, dimana mereka (para mahasiswa.red) mengeluhkan tingkah laku kami para dosen pembimbing yang suka semena-mena mencorat-coret hasil kerja keras mereka.
Sesungguhnya, kami tidak semena-mena hei mahasiswa. Mungkin jika yang kalian maksud adalah para oknum dosen yang suka semena-mena, memang ada dan itu bukan saya. Pernah kalian bayangkan apa yang kami perjuangkan dimeja rapat direksi jajaran dosen di kampus? Kami memiliki tugas untuk membantu kalian menyelesaikan studi tepat waktu, iya TEPAT WAKTU dan memiliki nilai lebih dari ribuan sarjana lainnya.


Bukan tanpa alasan mengapa kalian harus menyelesaikan studi tepat waktu, ini berkaitan dengan langkah kalian setelah lulus dan terjun di dunia kerja. Pengembangan SDM di Indonesia sedang sekarat, iya saya katakan sekarat. Begitu banyak sarjana diluar sana lulus dengan strata Magna Cumlaudge namun tak bisa menunjukan kualifikasinya.

Skripsimu bukanlah permainan kata, tapi sebuah karya di dunia nyata.

Di dunia kerja nanti, mungkin ada beberapa perusahaan yang akan bertanya "Skripsimu tentang apa?" bukan tanpa alasan pula mereka bertanya hal serupa. Ini sebagai bentuk pertanyaan pembuka, bagaimana dirimu memahami apa yang kamu kerjakan, sehingga menambah yakin pemberi kerja. Dan melalui coretan-coretan itulah saya berharap kalian memahami apa yang kalian kerjakan.

Semakin lama menunda, semakin banyak sarjana yang menjadi pesaingmu.

Selesaikanlah dengan cepat, beberapa masalah yang akan muncul di kemudian hari membutuhkan pemikiran cepat dan cemerlang kalian untuk segera diselesaikan. Mereka tidak membutuhkan teori-teori, namun lebih kepada aksi. Jika kalian sudah memiliki dasar kuat, maka jadikan itu pegangan untuk segera menyesaikan tiap kendala yang ada. Ditambah lagi, tiap tahunnya ada ratusan sarjana baru yang siap mengisi posisi yang seharusnya menjadi milikmu. Apa dirimu tidak takut?

Buat apa kami persulit jika kalian hanya berputar-putar?

Ingin tau apa yang membuat kalian merasa dipersulit? Ya keputusan kalian yang terlalu berputar-putar, padahal hal tersebut bisa disederhanakan. Beberapa bagian tidak perlu dijabarkan sedemikian rumit, semua itu ada didalam diktat kuliah dan buku-buku tebal yang tak pernah kalian sentuh di perpustakaan kampus. Lalu untuk apa kalian hadirkan itu (lagi) ? yang ingin kami lihat adalah langkah pasti dan terobosan baru yang lebih sederhana untuk menyelesaikan permasahalan kalian. Sekali ini permasalahan yang kalian buat, dan kami ingin membantu mempercepat penyelesaian masalah itu.

Segera selesaikan lah, Pengembangan SDM negeri ini harus tetap bergerak dan kalian adalah harapan terbaik kami.

No comments:

Post a Comment

My Google+ Circle

Have To See & Subscribe